ARIEF RACHMAN, S.Pd.

Usahakan menulis setiap hari. Niscaya, kulit anda akan menjadi segar kembali akibat kandungan manfaat yang luar biasa. Menulislah dengan bebas dan secepat ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Enaknya Menggunakan e-Rapor Disaat Pandemi (Hari Ke-15)

Enaknya Menggunakan e-Rapor Disaat Pandemi (Hari Ke-15)

#TantanganGurusiana

 

Perkembangan teknologi setiap hari mengalami perkembangan yang sangat pesat, banyak inovasi-inovasi baru ditemukan sesuai dengan tuntutan kebutuhan, namun apapun itu inti dari teknologi dibuat supaya memudahkan pekerjaan manusia.

 

Saat ini kita sering mendengar istilah yang menggunakan huruf “e” singkatan dari electronic. Ada e-KTP, e-Learning, e-Money, e-Commerce, e-Budgeting, e-Tol dan banyak e e e e e e  lain nya.

Dunia pendidikan pun tidak mau ketinggalan, selalu melakukan inovasi dan terobosan terbaru, terakhir yang sedang anyar yaitu penggunaan aplikasi e-Rapor di sekolah-sekolah.

 

Banyak kemudahan yang disediakan pada aplikasi e-Rapor, yang mana selama ini setiap mau terima rapor di akhir semester walikelas pasti kalang kabut. Saat ini dengan e-Rapor wali kelas benar-benar dimudahkan. Jika guru mata pelajaran sudah meng entry kan nilai dan melakukan “generate”. Berarti nilainya sudah sampai di akun walikelas  dan walikelas sudah bisa mencetak rapor.

 

Dalam keadaan normal sebelum mewabah covid-19 seperti semester ganjil kemaren, Bapak/Ibu guru membuat perencanaan sebelum meng entrykan nilai. Perencanaan yang dibuat bisa maksimal seperti berapa ulangan harian (UH) yang mau dinilai dari setiap kompetensi dasar (KD), berapa tugas yang diberikan ke siswa, penilaian tengah semester (PTS) dan penilaian akhir semester (PAS). Setelah perencanaan selesai baru guru tersebut masuk ke fitur penilaiaan dan meng entry nilai sesuai dengan data nilai guru masing-masing

 

Namun pada semester genap ini, daerah kita mengalami pandemi covid-19 sejak pertengahan bulan maret sampai saat ini. Begitu banyak aktivitas yang terganggu termasuk di bidang pendidikan, sudah hampir 3 bulan siswa tidak bertatap muka langsung dengan guru di kelas nya. Namun saat ini siswa melaksanakan pembelajaran pembelajaran jarak jauh sesuai edaran mendikbud.

 

Penilaian tengah semester (PTS) tidak sempat dilaksanakan, saat ini pun di penghujung akhir semester genap tidak bisa juga melaksanakan penilaiaan akhir semester (PAS) karena beberapa faktor seperti tidak semua siswa memiliki HP android, ada siswa yang di daerah tempat tinggalnya tidak ada sinyal internet bahkan ada juga yang terkendala paket internet karena faktor ekonomi keluarga.

 

Melalui rapat dinas disekolah, di ambil kebijaksanaan sekolah semester ini tidak melaksanakan penilaian akhir semester (PAS) namun nilai akhir siswa yang untuk di rapor kenaikan kelas di ambil dari penilaian portofolio seperti nilai tugas, nilai harian dan atau assesmen jarak jauh lain nya, hal ini sesuai dengan surat edaran mendkbud no. 4 tahun 2020.

 

Dan yang hebatnya, aplikasi e-Rapor bisa menyesuaikan keadaan, karena nilai PTS dan PAS tidak ada maka diperencanaan guru mata belajaran tidak perlu membuat itu cukup dibuat UH dan tugas. Jika yang ada hanya nilai tugas maka di perencanaan yang kita buat hanya nilai tugas saja.

 

Terasa sekali enak nya menggunakan aplikasi e-Rapor ini, bagi sekolah bapak/ibu yang belum menggunakan e-Rapor segera beralih menggunakan nya. Di awal nya memang sulit apalgi bagi guru yang sudah ber umur namun jika sudah paham e-Rapor sangat gampang dan menyenangkan

 

 

 

Lubuk Basung, 3 Juni 2020 (Hari ke-15)

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap pak.. kami belum pakai lagi

03 Jun
Balas

Kalau utk jenjang SMA atau SMK bagus nya gunakan e-Rapor.. banyak kemudahan yg di dapat guru dan walikelas.. fitur2 nya lengkap di aplikasi..

03 Jun

Kelihatannya bagus tu pak... Kami yang di smp belum e- rapor

03 Jun
Balas

Kalau utk SMP saya juga kurang tahu.. tapi kalau utk SMA dan SMK rata2 sudah menerapkan e-Rapor..

03 Jun

Wah, artikel mantap..semoga semua sekolah sudah memanfaatkan e-raport utk penilaian muridnya..salut artikelnya..salam

03 Jun
Balas

Makasih Pak Eko..Mudah2an sekolah lain banyak juga yg menggunakan aplikasi e-Rapor Pak.. Utk saat ini e-Rapor sudah versi 5.0..

03 Jun

Mantap tuh pak guru nggih bisa ditiru kalau ada boleh share ling nya

03 Jun
Balas

Siap Buk Yuli..Aplikasi e-Rapor nya di instal dulu di server.. baru di sinkron utk mengambil data dari dapodik..

03 Jun



search

New Post